Skip to main content

Belajar Pemrograman Bahasa C #1: Pengenalan Bahasa C

Kustas - Bahasa C adalah sebuah bahasa pemrograman imperative (bahasa yang menggunakan statement) dan general-purpose (bisa digunakan program apa saja) yang mendukung pemrogramn rekursif dan terstruktur.

Beberapa kelebihan dari bahasa C:
  • Jika kita memahami bahasa C, maka kita akan mudah memahami bahasa pemrograman yang lain
  • Bahasa C tersedia hampir disemua OS
  • Cocok untuk pemula, kerena mudah dipahami
  • Bahasa C adalah bahasa yang terstruktur
  • Dan masih banyak lagi kelebian-kelebihan bahasa C, sobat kustas bisa menambahkan nya sendiri


Sejarah singkat bahasa pemrograman C

Bahasa C dibuat oleh Dennis Ritchie pada tahun 1969-1973. Awal mula munculnya bahasa C dimulai pada saat pengembangan sistem operasi Unix oleh Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Pada saat itu sistem operasi Unix menggunakan bahasa assembly pada komputer PDP-7 (sebuah komputer mini dan dibuat oleh Digital Equipment Corporation).
Saat itu Ken Thompson membutuhkan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah program dikomputer. Dia pun mencoba membuat compiler (kompilator) untuk bahasa Fortran, tetapi tidak berhasil. Selanjutnya da membuat bahasa B yang merupakan sederhana dari bahasa BCPL, tetapi bahasa tersebut sangat lambat sehingga sedikit yang menggunakannya.
Kemudian di tahun 1972 Denis Ritchie meningkatkan bahasa B tersebut dan membuat bahasa baru yaitu bahasa C. Sejak saat itu bahasa C mulai digunakan pada sistem operasi Unix Versi 2. Selanjutnya pada Unix versi 4 pada tahun 1973, kernel nya ditulis ulang dengan bahasa C.
Versi bahasa C :
ANSI C dan ISO C
Versi ini yang menjadi standar awal bahasa C:

C99
Versi ini adalah bahasa C versi pada tahun 1999, ada beberapa fitur baru seperti: tipe data baru, variable length array, inline function, dll.

C11
Versi ini adalah bahasa C versi pada tahun 2011, ada beberapa fitur baru dan library seperti: peningkatan dukungan terhadap Unicode, multi threading, atomic operation, generic macros, anonymous structures, dll.

C18
Versi ini adalah bahasa C versi pada tahun 2018, versi yang menjadi standar pada saat ini.

Banyak teman-teman yang tidak tahu atau bahkan meremehkan bahasa C ini dan dipelajari hanya untuk agar lulus matakuliah tentang bahasa C ini. Tetapi ada yang mempelajari nya untuk pengantar algoritma dan pemrograman. Bahasa ini biasanya hanya dipelajari dijurusan teknik komputer dan teknik informatika atau di SMK. Mungkin sobat-sobat punya alasan lain mempelajari bahasa program C ini.

Beberapa contoh program yang dibuat dengan bahasa C:

Kernel Unix versi 2
Dalam sejarah bahasa C, kernel Unix ditulis ulang menggunakan bahasa C.

Kernel Linux
Kernel ini dibuat dengan bahasa C oleh Linus Trovalds. Kernel ini berkembang menjadi distro linux seperti debian, Ubuntu, open suse, dll.




Comments

Popular posts from this blog

Belajar Pemrograman Bahasa C #3: Struktur Dasar dan Aturan Penulisan Program C

Sebelumnya kita sudah belajar membuat program C pertama , yaitu Hello World! Selanjutnya kita akan belajar tentang struktur program pada bahasa C. student.blog.dinus.ac.id Perhatikan program C berikut : Ini adalah struktur dasar bahasa C, jika sobat baru pertama kali melihat program ini, mungkin sobat akan menanyakan hal-hal seperti ini : Apa itu #include ? Apa itu int ? Apa   itu main ? Apa itu printf ? Apa itu return0 ? Dll Baca juga: Pengenalan pemrograman bahasa C Struktur Dasar Bahasa C Jika sobat ingin membuat program C, maka sobat harus/wajib menuliskan seperti berikut ini : Ini adalah struktur dasar program C yang harus/wajib dipahami. Kalau sobat perhatikan, struktur program tersebut dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu : Bagian include Blok fungsi main Yuk sobat simak bahasan lebih detail nya… Apa itu #include ? Pada bahasa program C, #include berfungsi untuk mengimpor fungsi-fungsi yang sudah didefi