Skip to main content

Cara Menghapus (Uinstall) Aplikasi dilinux Debian/Ubuntu

logo debian, debian

Kustas - Cara menghapus aplikasi dilinux Debian/Ubuntu ada banyak cara. Ada saatnya kita ingin menghapus aplikasi karena terlalu sering mencoba-coba program atau ada aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi didebian atau Ubuntu, yang membuat kapasitas harddisk menjadi kritis.
Bagaimana cara uinstall atau menghapus software/aplikasi di debian/Ubuntu ? Caranya gk sulit kok, sangat lah mudah tetapi kita membutuhkan root untuk menjalankan perintah-perintah pada cara berikut in, yuk simak caranya :

1. Buka terminal linux debian/Ubuntu sobat
2. Ketkan perintah dpkg –l, perintah ini untuk melihat list aplikasi atau software apa saja yang ada dilaptop atau PC sobat. 

cara instal aplikas, debian, dpkg, list aplikasi, mengetahui aplikasi yang terinstal
3. Cari nama aplikasi yang akan dihapus atau diuinstall dilist tersebut.

cara menghapus aplikasi, perintah untuk menghapus aplikasi, remove, debian

4. Lalu ketikan perintah apt-get remove namaaplikasi, contoh gambar dibawah saya akan menghapus aplikasi codeblocks.
5. Tunggu sampai selesai, setelah selesai aplikasi anda sudah tidak terinstal lagi di pc/laptop anda

Info :

apt-get remove codeblocks

perintah ini akan menghapus paket programnya atau aplikasinya dari debian/Ubuntu anda, saya contohkan aplikasi codeblocks.

apt-get --purge remove codeblocks

pada saat kita menambahkan perintah --purge, selain menghapus juga akan membersihkan konfigurasinya, tetapi tidak dependensi paketnya. Sangat cocok bagi yang ingin menginstal ulang aplikasi atau software tersebut.



apt-get purge --auto-remove codeblocks

perintah ini berfungsi untuk menghapus secara otomatis beberapa file terkait berserta konfigurasinya.

apt-get clean codeblocks
perintah ini berfungsi untuk membersihkan file yang masih tersimpan pada chace direktori.

Dari beberapa perintah untuk menghapus aplikasi pada linux berbasis teks di terminal tersebut, yang saya rekomendasikan adalah sobat menggunanakan perintah apt-get --purge remove nama_aplikasi dan dilanjutkan dengan perintah apt-get clean.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Pemrograman Bahasa C #3: Struktur Dasar dan Aturan Penulisan Program C

Sebelumnya kita sudah belajar membuat program C pertama , yaitu Hello World! Selanjutnya kita akan belajar tentang struktur program pada bahasa C. student.blog.dinus.ac.id Perhatikan program C berikut : Ini adalah struktur dasar bahasa C, jika sobat baru pertama kali melihat program ini, mungkin sobat akan menanyakan hal-hal seperti ini : Apa itu #include ? Apa itu int ? Apa   itu main ? Apa itu printf ? Apa itu return0 ? Dll Baca juga: Pengenalan pemrograman bahasa C Struktur Dasar Bahasa C Jika sobat ingin membuat program C, maka sobat harus/wajib menuliskan seperti berikut ini : Ini adalah struktur dasar program C yang harus/wajib dipahami. Kalau sobat perhatikan, struktur program tersebut dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu : Bagian include Blok fungsi main Yuk sobat simak bahasan lebih detail nya… Apa itu #include ? Pada bahasa program C, #include berfungsi untuk mengimpor fungsi-fungsi yang sudah didefi

Belajar Pemrograman Bahasa C #1: Pengenalan Bahasa C

Kustas -  Bahasa C adalah sebuah bahasa pemrograman imperative (bahasa yang menggunakan statement) dan general-purpose (bisa digunakan program apa saja) yang mendukung pemrogramn rekursif dan terstruktur. Beberapa kelebihan dari bahasa C: Jika kita memahami bahasa C, maka kita akan mudah memahami bahasa pemrograman yang lain Bahasa C tersedia hampir disemua OS Cocok untuk pemula, kerena mudah dipahami Bahasa C adalah bahasa yang terstruktur Dan masih banyak lagi kelebian-kelebihan bahasa C, sobat kustas bisa menambahkan nya sendiri Sejarah singkat bahasa pemrograman C Bahasa C dibuat oleh Dennis Ritchie pada tahun 1969-1973. Awal mula munculnya bahasa C dimulai pada saat pengembangan sistem operasi Unix oleh Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Pada saat itu sistem operasi Unix menggunakan bahasa assembly pada komputer PDP-7 (sebuah komputer mini dan dibuat oleh  Digital Equipment Corporation ). Saat itu Ken Thompson membutuhkan bahasa pemrograman unt