Skip to main content

Obat Demam Alami Paling ampuh mudah ditemukan disekitar kita


gambar : bobo.grid.id
Kustas - Demam adalah suatu kondisi di mana suhu badan meningkat hingga lebih dari 37 derajat celcius. Biasanya demam terjadi disertai dengan beberapa gejala umum, seperti keringat dingin, sakit kepala, nyeri otot, dehidrasi, tubuh menjadi lemas, menggigil, dan menurunnya nafsu makan. Untuk mengatasi demam yang tidak terlalu tinggi, Anda dapat menggunakan beberapa obat demam tradisional yang murah dan mudah.

Sebelum memutuskan untuk menurunkan demam, hal penting yang harus Anda ingat adalah "Demam bukanlah suatu penyakit, tapi merupakan gejala dari penyakit yang menyebabkannya" seperti pilek dan flu, demam berdarah, tipes, dan lain-lain. Oleh sebab itu upaya menurunkan panas tubuh, baik dengan mengonsumsi obat demam tradisional maupun medis tujuannya agar tubuh menjadi lebih nyaman saja. Artinya tidak serta merta menyembuhkan penyakitnya.

Demam yang ringan dan jelas penyebabnya, misalnya disertai pilek, maka biasanya hanya berlangsung ringan dan akan hilang dengan sendirinya. Dalam kondisi seperti ini, maka tidak perlu berlebihan mengonsumsi obat demam. Namun apabila demam terlalu tinggi, itu bisa jadi pertanda bahwa Anda mengalami penyakit yang serius dan membutuhkan perawatan khusus.

Ada beberapa obat demam tradisional yang dapat Anda gunakan untuk meredakan demam. Untuk menghindari adanya efek samping dan interaksi obat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait pemilihan obat demam tradisional yang cocok dengan kondisi kesehatan Anda. Terlebih ketika Anda juga mengonsumsi obat dari dokter.

Berikut obat demam tradisional dan tips yang kami rekomendasikan untuk membantu menurunkan suhu tubuh Anda:

1. Kompres Hangat
Cara alami yang cukup efektif dalam menurunkan demam adalah dengan kompres air hangat. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai berikut:

  • Masukkan handuk ke dalam air, setelah itu peras handuk hingga tidak ada air yang menetes.
  • Kemudian, usapkan handuk basah tersebut ke bagian tubuh yang seperti ketiak, kaki, tangan, dan bagian lipatan untuk mengurangi suhu panas.
  • Anda juga dapat meletakkan lap basah tersebut pada dahi dan bagian belakang leher Anda.
  • Alternatif cara lain adalah dengan berendam di air hangat, dengan begitu tubuh Anda akan lebih rileks dan suhu tubuh dapat kembali normal.

Jangan gunakan air es untuk melakukan cara tersebut, karena dapat menyebabkan suhu dalam tubuh meningkat. Pastikan handuk yang Anda gunakan adalah handuk yang bersih untuk menghindari timbulnya berbagai penyakit kulit. Cara pengobatan ini bermanfaat untuk meredakan demam tinggi karena membantu menjaga suhu tubuh tetap normal.

2. Bawang putih

Sifat hangat pada bawang putih dapat membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat sehingga menyebabkan turunnya suhu tubuh saat demam. Obat demam tradisional ini juga dapat membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh dan mempercepat pemulihannya.

Selain itu, bawang putih juga memiliki zat anti-jamur dan antibakteri yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan menangkal penyakit. Adapun langkah-langkah menggunakan bawang putih sebagai obat demam tradisional, yaitu:

  • Cincang halus satu siung bawang putih dan tambahkan ke dalam satu gelas air panas. Rebus selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah mendidih, lalu saring dan minum secara perlahan.
  • Konsumsi minuman herbal ini sebanyak dua kali sehari, maka keesokan harinya tubuh Anda akan terasa lebih baik dari sebelumnya.
  • Cara lain menggunakan obat ini, yaitu mencampur dua siung bawang putih yang sudah dihaluskan dengan dua sendok makan minyak zaitun, lalu dipanaskan.
  • Diam kan sampai suhunya tidak terlalu panas, oleskan campuran ini di atas kedua telapak kaki Anda, lalu letakkan beberapa siung bawang putih yang sudah ditumbuk.
  • Setelah itu, bungkus kaki Anda dengan kain kasa untuk menahan bawang putih dan biarkan selama semalamam.

Bagi beberapa orang, cara ini efektif untuk meredakan demam hanya dalam satu malam. Perhatikan! Obat demam tradisional ini tidak disarankan untuk wanita hamil dan anak-anak.

3. Jahe

Jahe ternyata dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan suhu panas dari dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat mengurangi demam. Selain itu, jahe merupakan agen antivirus dan antibakteri alami yang befungsi menjaga sistem kekebalan tubuh dan melawan segala jenis infeksi. Untuk mendapatkan manfaat dari tanaman herbal ini, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Meminum teh jahe, yaitu dengan menambahkan satu setengah sendok bubuk jahe ke dalam satu gelas air.
  • Lalu rebus hingga beberapa menit sampai keduanya tercampur rata.
  • Tambahkan sedikit madu dan minumlah teh herbal ini sebanyak tiga sampai empat kali sehari.
  • Pilihan lainnya adalah dengan mencampurkan satu setengah sendok teh air jahe, satu sendok teh air lemon dan satu sendok makan madu. Konsumsilah campuran ini tiga atau empat kali sehari sampai demam Anda hilang.

Jika Anda memilih untuk menggunakan cara pengobatan ini, maka sebelum menggunakan cara ini lakukanlah pengecekan terlebih dahulu dengan cara menempelkan bubuk jahe pada bagian lengan bawah Anda. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari timbulnya efek samping atau reaksi alergi.

4. Kunyit

Kunyit juga telah terbukti sebagai obat demam tradisional yang efektif untuk meredakan demam. Kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit berkhasiat sebagai antivirus, antijamur, antibakteri dan antioksidan yang kuat, sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan segala jenis infeksi. Selain itu, kunyit juga dapat mencegah komplikasi dan cepat meredakan demam.

  • Campurkan satu sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dengan 1/4 sendok teh bubuk lada hitam ke dalam satu cangkir susu panas.
  • Aduk hingga merata, lalu minum sebanyak dua kali sehari untuk membantu meredakan demam.

5. Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya mampu meredakan demam. Hal tersebut dikarenakan kandungan mineral seperti omega 3, 6, dan 9 dan juga berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi di dalamnya. Untuk menggunakan obat demam tradisional yang satu ini adalah sebagai berikut:
  • Panaskan 2 sendok makan minyak zaitun dan tambahkan 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • Ketika minyak mencapai tingkat suam-suam kuku (jangan terlalu panas).
  • Tuangkan ke dalam mangkuk dan gosokkan pada telapak kaki.

Lakukan proses tersebut hingga suhu tubuh Anda menurun. Selain itu, obat demam tradisional ini mampu memberikan efek nyaman dan lega saat demam.

Selain mengonsumsi obat demam alami, istirahat yang cukup serta tidur yang teratur mampu membuat suhu tubuh Anda lebih cepat menurun. Jauhkan kipas angin atau pendingin ruangan jika Anda merasa kedinginan. Jangan menutup badan Anda dengan selimut dan pakaian karena akan membuat demam dapat bertahan lebih lama. Ada beberapa tips tambahan untuk meredakan demam :

  1. Minum banyak air putih dan jus jeruk untuk mencegah dehidrasi.
  2. Jangan gunakan air es untuk mengompres.
  3. Istirahat atau bed rest selama satu atau dua hari.
  4. Perbanyak konsumsi sayuran hijau.
  5. Hindari mengkonsumsi makanan beku.
  6. Hindari merokok dan juga minuman beralkohol.


Comments

Popular posts from this blog

Belajar Pemrograman Bahasa C #3: Struktur Dasar dan Aturan Penulisan Program C

Sebelumnya kita sudah belajar membuat program C pertama , yaitu Hello World! Selanjutnya kita akan belajar tentang struktur program pada bahasa C. student.blog.dinus.ac.id Perhatikan program C berikut : Ini adalah struktur dasar bahasa C, jika sobat baru pertama kali melihat program ini, mungkin sobat akan menanyakan hal-hal seperti ini : Apa itu #include ? Apa itu int ? Apa   itu main ? Apa itu printf ? Apa itu return0 ? Dll Baca juga: Pengenalan pemrograman bahasa C Struktur Dasar Bahasa C Jika sobat ingin membuat program C, maka sobat harus/wajib menuliskan seperti berikut ini : Ini adalah struktur dasar program C yang harus/wajib dipahami. Kalau sobat perhatikan, struktur program tersebut dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu : Bagian include Blok fungsi main Yuk sobat simak bahasan lebih detail nya… Apa itu #include ? Pada bahasa program C, #include berfungsi untuk mengimpor fungsi-fungsi yang sudah didefi

Belajar Pemrograman Bahasa C #1: Pengenalan Bahasa C

Kustas -  Bahasa C adalah sebuah bahasa pemrograman imperative (bahasa yang menggunakan statement) dan general-purpose (bisa digunakan program apa saja) yang mendukung pemrogramn rekursif dan terstruktur. Beberapa kelebihan dari bahasa C: Jika kita memahami bahasa C, maka kita akan mudah memahami bahasa pemrograman yang lain Bahasa C tersedia hampir disemua OS Cocok untuk pemula, kerena mudah dipahami Bahasa C adalah bahasa yang terstruktur Dan masih banyak lagi kelebian-kelebihan bahasa C, sobat kustas bisa menambahkan nya sendiri Sejarah singkat bahasa pemrograman C Bahasa C dibuat oleh Dennis Ritchie pada tahun 1969-1973. Awal mula munculnya bahasa C dimulai pada saat pengembangan sistem operasi Unix oleh Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Pada saat itu sistem operasi Unix menggunakan bahasa assembly pada komputer PDP-7 (sebuah komputer mini dan dibuat oleh  Digital Equipment Corporation ). Saat itu Ken Thompson membutuhkan bahasa pemrograman unt