Skip to main content

Cara instal codeblocks dilinux 2019

Kustas - Code::Blocks adalah sebuah Integrated Development Environment (IDE) untuk bahasa pemrograman CC++,dan fortran yang sangat terkenal. Program yang dibuat dalam bahasa C++ beserta wxWidgets untuk GUI nya, ini bisa digunakan bersama dengan berbagai macam kompilator, contohnya GCC dan Visual C++. Peralatan yang tersedia tergantung dari "Plugin" yang dipasang. sekarang ini Code::Blocks lebih tersedia sebagai perangkat pengembangan dalam bahasa C dan C++.
Program ini di buat untuk memenuhi kebutuhan para defeloper dan program ini sangat recommended untuk kalian yang ingin belajar bahasa pemprograman C dan C++.
Code::blocks juga tersedia di Windows dan Linux kali ini Kustas akan membahas tutorial cara instal codeblocks dilinux turunan debian.
gambar : evidrjtn.wordpress.com
Berikut tutorial instal codeblocks di linux debian :
1. Buka browser dan ketikan codeblock lalu pilih download binary
download codeblocks, codeblocks, instal codeblock, codeblock

2. pilih versi debian dan download
download codeblocks, codeblocks, codeblock, instal codeblocks

3. lalu ekstrak file yang telah didownload dengan cara klik kanan pada file tersebut lalu pilih “Exstract Here”
ekstrak tar.gz, linux, debian, codeblocks

4. setelah di ekstrak lalu masuk ke folder tersebut
5. klik kanan lalu pilih “open in terminal”
buka terminal, instal codeblocks, linux, debian

6. ketikan perintah “dpkg -i *.deb”
instal codeblocks diterminal, instal codeblocks, codeblocks, linux, debian

7. setelah ada pesan ketikan “y”
8. tunggu sampai selesai
Cukup mudah kan caranya? Dan sekarang Code::Blocks sudah terpasang di debian anda, Untuk menjalankan nya ketikan perintah “codeblocks” atau “sudo codeblocks” diterminal anda.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Pemrograman Bahasa C #3: Struktur Dasar dan Aturan Penulisan Program C

Sebelumnya kita sudah belajar membuat program C pertama , yaitu Hello World! Selanjutnya kita akan belajar tentang struktur program pada bahasa C. student.blog.dinus.ac.id Perhatikan program C berikut : Ini adalah struktur dasar bahasa C, jika sobat baru pertama kali melihat program ini, mungkin sobat akan menanyakan hal-hal seperti ini : Apa itu #include ? Apa itu int ? Apa   itu main ? Apa itu printf ? Apa itu return0 ? Dll Baca juga: Pengenalan pemrograman bahasa C Struktur Dasar Bahasa C Jika sobat ingin membuat program C, maka sobat harus/wajib menuliskan seperti berikut ini : Ini adalah struktur dasar program C yang harus/wajib dipahami. Kalau sobat perhatikan, struktur program tersebut dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu : Bagian include Blok fungsi main Yuk sobat simak bahasan lebih detail nya… Apa itu #include ? Pada bahasa program C, #include berfungsi untuk mengimpor fungsi-fungsi yang sudah didefi

Belajar Pemrograman Bahasa C #1: Pengenalan Bahasa C

Kustas -  Bahasa C adalah sebuah bahasa pemrograman imperative (bahasa yang menggunakan statement) dan general-purpose (bisa digunakan program apa saja) yang mendukung pemrogramn rekursif dan terstruktur. Beberapa kelebihan dari bahasa C: Jika kita memahami bahasa C, maka kita akan mudah memahami bahasa pemrograman yang lain Bahasa C tersedia hampir disemua OS Cocok untuk pemula, kerena mudah dipahami Bahasa C adalah bahasa yang terstruktur Dan masih banyak lagi kelebian-kelebihan bahasa C, sobat kustas bisa menambahkan nya sendiri Sejarah singkat bahasa pemrograman C Bahasa C dibuat oleh Dennis Ritchie pada tahun 1969-1973. Awal mula munculnya bahasa C dimulai pada saat pengembangan sistem operasi Unix oleh Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Pada saat itu sistem operasi Unix menggunakan bahasa assembly pada komputer PDP-7 (sebuah komputer mini dan dibuat oleh  Digital Equipment Corporation ). Saat itu Ken Thompson membutuhkan bahasa pemrograman unt